Cara Booting Bios Lewat Flashdisk


Cara Booting Bios Lewat Flashdisk. sebelum melakukan instal windows 7, Xp atau Windows 8 terlebih dahulu harus di setting boot bios pada laptop tersebut. setting bios yang digunakan tergantung dari mana windows 7 di instal. jika windows di instal dari DVD maka bios di setting DVD Drive pada urutan order boot nya. semuanya tergantung darimana sumber installer windows yang akan dipakai.

begitu juga jika kita ingin instal windows dari flashdisk maka urutan order boot paling atas harus di setting ke USB atau Removable USB. sehingga ketika laptop dinyalakan maka booting pertama diambil dari flashdisk yang telah ditancapkan di laptop. kita juga dapat melakuan instalasi operating sistem dari jaringan komputer. pada kasus ini kita tidak membutuhkan CDROM atau flashdisk tapi membutuhkan kabel jaringan yang tertancap di laptop. bisa juga untuk instal linux. namun pada kesempatan kali ini yang dibahas cara booting bios lewat flashdisk.

cara booting bios lewat flashdisk tidak ada pengaruhnya apakah nantinya akan instal windows 7 atau windows 8 juga XP karena tidak ada hubungannya dengan OS secara langsung. begitu juga dengan merk laptop, cara masuk bios laptop tidak ada hubungannya dengan merk laptop tapi merk bios. apakah cara masuk bios asus, lenovo g40, g400, g405, sony vaio, acer, toshiba, compaq, hp 430 dan merk lainnya.

sekali lagi, Cara booting bios lewat flashdisk berbeda-beda tergantung merk bios pada laptop atau komputer. untuk mengetahui merk bios laptop biasanya muncul merk bios ketika laptop dinyalakan sebelum masuk windows. ada beberapa merk bios dan apa yang harus di klik untuk masuk ke bios seperti pada gambar.
Cara Booting Bios Lewat Flashdisk
merk bios - capture from bloggisaya.blogspot.com
catatan jika terlewat sehingga masuk windows maka restart windows untuk mengulangi lagi.

Cara Booting Bios Lewat Flashdisk

1. nyalakan laptop atau komputer. perhatikan merk bios yang muncul dan segera klik di keyboard sesuai jenis merk yang muncul. contoh, jika merk toshiba maka klik Esc di keyboard.
2. sebagai contoh disini memakai award bios sehingga ada petunjuk press DEL to enter SETUP. klik DELETE di keyboard untuk masuk bios.
Cara Booting Bios Lewat Flashdisk
klik delete untuk masuk bios - aura-ilmu.com
3. maka muncul halaman utama bios. klik panah kiri kanan di keyboard untuk pilih menu Boot.
Cara Booting Bios Lewat Flashdisk
menu utama bios
4. Arahkan urutan Boot no 1 ke Removable Device untuk boot dari USB Flashdisk. cara nya dengan klik anak panah atas bawah di keyboard.
Cara Booting Bios Lewat Flashdisk
menu boot bios
jika instal windows 7 dari DVD Installer maka setting CD-ROM Drive / DVD di urutan no 1. begitu juga jika instal lewat jaringan maka set Network boot.

5. klik F10 di keyboard untuk menyimpan setting bios dan keluar dari bios.

demikian tutorial cara booting bios lewat flashdisk. jika anda ingin instal windows 8 atau 7 dari flashdisk silahkan baca tutorial cara instal windows 7 dengan flashdisk.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara Booting Bios Lewat Flashdisk"

  1. cara install laptop lenvo g400 gimana gan, bingung nih dapat laptop baru dengan sistem UEFI

    BalasHapus
    Balasan
    1. installnya seperti laptop lainnya gan hanya untuk masuk bios tekan FN + F2 atau FN + tombol recovery disamping tombol power.
      kemudian pilih BIOS Setup atau Boot Menu

      Hapus
  2. alhamdulillah artikel cara install windows 7 dari
    flasdisk bermanfaat. salam kenal juga

    BalasHapus