Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen


Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen. terkadang kita melakukan hal yang tidak terduga sebelumnya atau secara tidak sengaja menghapus file penting yang dibutuhkan di kemudian hari. atau kebetulan komputer dipinjam adik kita yang masih kecil untuk main game kesayangannya, eh ternyata ada file penting terhapus secara tidak sengaja. contoh diatas adalah sedikit kisah bagaimana pentingnya melakukan backup data secara rutin pada komputer kita, utamanya dokumen pekerjaan atau tugas kuliah.

sebenarnya banyak kejadian yang serupa yang intinya file atau data yang kita butuhkan terhapus secara tidak sengaja atau terhapus permanen. bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus permanen ? paling tidak ada 2 cara memunculkan kembali file yang terhapus secara permanen atau shift+delete. pertama, cara menampilkan kembali data yang terhapus dengan menggunakan software tertentu dan kedua, cara memanggil kembali file yang terhapus tanpa software apapun di windows 7.

baik cara mengembalikan file yang terhapus permanen dengan menggunakan software atau tidak menggunakan software umumnya mudah digunakan, baik software yang berbayar maupun freeware. ada banyak software gratis (free) yang dapat dijadikan pilihan untuk mengembalikan file / folder yang terhapus di hardisk laptop atau recycle bin komputer kita. seperti : pc inspector file recovery, recuva, winutilities undelete, tune up undelete, easus data recovery, pandora recovery atau free undelete.

software recovery yang akan dibahas pada tutorial cara mengembalikan file yang terhapus permanen kali ini adalah WinUtilities Undelete. mengapa software WinUtilities Undelete yang dipakai untuk mengembalikan data yang dihapus atau hilang ? ada beberapa kelebihan WinUtilities Undelete yaitu :
- software gratis atau free.
- mudah digunakan karena tampilan seperti windows explorer.
- dapat mengembalikan file yang ter delete permanen.
- dapat digunakan di hardisk, flasdisk, memory card.

tutorial kali ini membahas cara mengembalikan file yang terhapus permanen atau dengan tombol shift+delete, jika terhapus dengan tombol delete saja maka silahkan dicari dan di restore melalui recycle bin. turotial kali juga tidak membahas cara mengembalikan file yang ter hidden, jika file anda dihidden atau disembunyikan virus silahkan baca tutorial cara menampilkan hidden file mudah. disamping itu, tutorial kali ini juga bukan untuk mengembalikan file yang terhapus di android, hp, blackberry, iphone atau ipad. akan tetapi untuk mengembalikan file yang telah terhapus di hardisk, flashdik atau memory card di windows 7 tapi belum dicoba di windows 8.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen dengan WinUtilities Undelete
1. download dan instal WinUtilities Undelete di laptop atau komputer. untuk lebih jelas silahkan baca tutorial cara instal WinUtilities Undelete lengkap. adapun link download winutilities undelete diakhir tutorial ini.
2. buka WinUtilities Undelete.
Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen
winUtilities Undelete
3. klik drive atau partisi tempat file yang telah terhapus permanen.
Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen
buka drive C
4. klik folder tempat file yang sudah terhapus permanen.
Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen
klik New Folder
file atau folder yang tidak ada centang merah maka file atau folder tersebut tidak terhapus dan file yang ada centang merah berarti file tersebut telah terhapus. file ini yang akan di kembalikan.

lihat pada kolom condition pada file yang tercentang merah, jika tertulis good (kondisi baik) maka file tersebut dapat di kembalikan namun jika tertulis lost (kondisi rusak) maka tidak bisa dikembalikan atau dapat dikembalikan tapi tidak dapat dibaca atau rusak.

pada contoh kali ini telah saya hapus permanen 3 file pdf di drive c pada New Folder. terlihat ada 3 file pdf yang dicentang merah di New Folder.

5. untuk mengembalikan file, klik file tersebut atau klik ctrl+a di keyboard untuk memilih semua file yang terhapus permanen dan klik kanan kemudian klik undelete.
Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen
klilk semua file dan klik undelete
6. tentukan tempat untuk menyimpan file yang akan direstore. untuk contoh dipilih drive c dan klik ok.
Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen
tentukan tempat menyimpan hasil restore
terlihat di drive c pada New Folder sudah tidak ada lagi 3 file pdf yang telah terhapus permanen sebelumnya.
Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen
tiga file pdf telah di kembalikan ke drive C
7. tiga file pdf tersebut telah berhasil disimpan di drive c dan dapat dibuka kembali dengan adobe reader.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen
tiga file pdf ada di drive C
Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen
salah satu file pdf dapat dibuka dengan adobe reader
kesimpulan
- cara mengambalikan file yang terhapus permanen dapat menggunakan WinUtilities Undelete.
- jika kondisi file yang telah terhapus permanen good maka file dapat dikembalikan namin jika lost maka tidak bisa dikembalikan atau bisa dikembalikan tapi tidak dapat dibaca.
- cara mengambalikan file yang terhapus permanen dengan WinUtilities Undelete dapat dilakukan di hardisk laptop atau komputer, flaskdisk, memory card tapi tidak dapat dilakukan di hp android, blackberry, iphone atau ipad.
- cara mengambalikan file yang terhapus permanen dilakukan di windows 7, belum di windows 8.

demikian tutorial cara mengembalikan file yang terhapus permanen dan jika anda ingin blok iklan di youtube silahkan baca tutorial cara blok iklan di youtube mudah. selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen"

  1. Balasan
    1. apanya yg ga bs gan? lihat kondisinya gan, kalau 'good' bisa diselamatkan tp kalau 'lost' tidak bisa diselamatkan...

      Hapus
  2. File .cdr yang "good" sudah direcovery, tapi kalo di open file, tidak bisa.
    mohon pencerahannya.
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah slama ini jika condisi good file bisa dipakai.
      ada yg pernah mengalami serupa ?
      bisa share disini...
      terima kasih dah mampir...

      Hapus
  3. folder yang dihapus apa foldernya tidak nampak ya ?
    trus ada beberapa gambar yang saya kembalikan , tp sebagian bisa dibuka tp sebagian lagi tidak bisa dibuka , padahal kondisinya semua good ..
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman slama ini kalau kondisi good bisa di buka gan...

      Hapus
  4. Balasan
    1. mungkin file yang didelete sudah lama jangka
      waktunya sehingga file korup.

      Hapus